Pelindungan Rahasia Dagang dalam Industri Jasa Telekomunikasi

Ahmad M Ramli, Sinta Dewi, Laina Rafianti, Tasya Safiranita Ramli, Sherly Ayuna Putri, Maudy Andreana Lestari

  Abstract


Tak dapat disangkal, pesatnya perubahan dunia pada era globalisasi berpangkal dari teknologi informasi yang kian berkembang. Berbaurnya teknologi dengan telekomunikasi menimbulkan revolusi pada sistem informasi. Dahulu, untuk mengakses atau mengolah data dan informasi, manusia membutuhkan proses yang panjang. Kini, dunia seolah diberikan kemudahan dalam mengakses dan terhubung dengan beragam informasi dan data yang tersaji. Lain halnya dengan Rahasia Dagang sebagai bagian dari kekayaan intelektual yang bernilai ekonomi tinggi dalam kegiatan usaha di Indonesia. Nilai ekonomi dari Rahasia Dagang melekat karena adanya informasi yang sengaja untuk tidak diketahui oleh umum. Hal tersebut menjadikan elemen ini termasuk salah satu bagian yang cukup menarik atensi. Mengingat pada era ini, industri jasa telekomunikasi seolah menopang tanggung jawab besar untuk melindungi setiap data yang masuk ke dalam dunia digital. Terdapatnya resiko berupa kebocoran data yang bersifat rahasia menjadi problematika terhadap pelindungan data dalam industri jasa telekomunikasi. Dengan ini, digunakan metode penelitian yuridis normatif melalui pengumpulan data yang dilakukan secara daring. Penelitian ini menghasilkan sebuah rujukan perihal pengaturan yang tepat sesuai kebutuhan Indonesia dalam merespon pelindungan data sebagai rahasia dagang pada jasa telekomunikasi yang belum terakomodir dengan baik saat ini. Melalui optimalisasi keberadaan umbrella regulation dan penyusunan kebijakan khusus dalam sektor telekomunikasi berupa co-regulation atau self-regulation.


  Keywords


industri jasa telekomunikasi; rahasia dagang; teknologi informasi.

  Full Text:

PDF

  References


Agus Sujarwo et. al. Komersialisasi Aset Intelektual, Aspek Hukum Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia, 2002.

Ahmad M. Ramli et. al. “Perlindungan Kekayaan Intelektual Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Saat Covid – 19.” Jurnal Penelitian Hukum De Jure 21, no. 1 (2021): 50.

Ahmad M Ramli. HAKI: Teori Dasar Pelindungan Rahasia Dagang. Bandung: Mandar Maju, 2000.

———. Perlindungan Rahasia Dagang Dalam UU No. 30/2000 Dan Perbandingan Dengan Beberapa Negara. Bandung: Mandar Maju, 2001.

Alid Idul Hanzah. “How Government Provide Legal Protection for Trade Secrets?” Journal of Law and Legal Reform 1, no. 2 (2020): 215–224.

Anastasia E Gerugan. “Perlindungan Hukum Terhadap Rahasia Dagang Ditinjau Dari Aspek Hukum Perdata Dan Pidana Di Indonesia.” Jurnal Hukum Unsrat 22, no. 5 (2016).

Atmajaya. “Rahasia Dagang: Informasi Komersial Di Bidang Teknologi/Bisnis.” https://atmajaya.ac.id/web/KontenUnit.aspx?gid=artikel-hki&ou=hki&cid=artikel-hki-rahasia-dagang.

Adami Chazawi. Tindak Pidana Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Malang: Bayu Media Publishing, 2007.

Deepa Varadarajan. “The Trade Secret-Contract Interface.” Iowa Law Review 103, no. 4 (2018).

Dody Syafnul. “Perlindungan Rahasia Dagang Dari Tindakan Persaingan Curang.” Warta Dharmawangsa 56 (2018).

Edmon Makarim. Kompilasi Hukum Telematika. Depok: Raja Grafindo Persada, 2004.

Europe, European Union Agency for Fundamental Rights and Council of. Handbook on European Data Protection Law. Edited by Council of Europe. 2014.

George P. Schell and Raymond McLeod. Sistem Informasi Manajemen. 10th Editi. Jakarta: Salemba Empat, 2008.

Haakon Thue Lie. “Introduction to Current Trade Secret Management Research.” Norwegian University of Science and Technology, 2020.

Herbert J. Mattord and Michael E. Whitman. Principles of Information Security. 4th Editio. Boston: Cengage Learning, 2011.

Hosein Aliahmadi Jeshfaghania, Hossein Ghanbary. “Rights of Electronic Trade Secrets Holders.” In International Conference Research in Management Economics & Accounting, 7, 2018.

Hukum, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Cyber Law Center Fakultas. Naskah Akademik, Rancangan Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi, 2015.

Iim Fathimah Timorria. “BPS: Sektor Informasi Dan Komunikasi Tetap Perkasa, Ini Alasannya.” Teknologi Bisnis, Bisnis.Com.

Irawaty. “Perkembangan Dan Perspektif Yuridis Rahasia Dagang Sebagai Benda Jaminan Kredit.” Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2008.

Iswanda Aliefian Wahyuda. “Perlindungan Hukum Bagi Investor Pada Industri Telekomunikasi Di Indonesia.” Fakultas Hukum Universitas Jember, 2016.

Łukasz Lasek, et. al. “Disputes over Breach of Trade Secrets in the Age of the Digital Economy.” In Principle.

Mikhailen du Bois. “Justificatory Theories for Intellectual Property Viewed through The Constitutional Prism.” Potchefstroom Electronic Law Journal 21, no. 1 (2018).

Ridwan Arifin. “Indonesia Political Economic Policy and Economic Rights: Analysis of Human Rights in the International Economic Law.” Journal of Private and Commercial Law 3, no. 1 (2019): 38–49.

Salmon, Millytia Fabiola Gabriela. “Perlindungan Hukum Terhadap Rahasia Perusahaan Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Di Indonesia.” Lex Privatum 7, no. 4 (2019).

Sinta Dewi. “Konsep Perlindungan Hukum Atas Privasi Dan Data Pribadi Dikaitkan Dengan Penggunaan Cloud Computing Di Indonesia.” Jurnal Yustitia 5, no. 1 (2016): 25.

Taufik H Simatupang. “Revitalisasi Kesadaran Hukum Masyarakat Dalam Rangka Mendukung Pelindungan Ki Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum 10, no. 1 (2016): 9.

Tim Peneliti Puslitbang SDPPI. “Analisis Industri Telekomunikasi Indonesia Untuk Mendukung Efisiensi.” Jakarta, 2018.

VerLoren van Themaat, W., & Reuder, B. European Competition Law. Elgar Online, 2018. https://www.elgaronline.com/view/9781786435460/44_chapter28.xhtml.


  Article Metric

Abstract this article has been read : 2368 times
PDF file viewed/downloaded : 4148 times

DOI: http://dx.doi.org/10.30641/kebijakan.2021.V15.215-230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ahmad M Ramli, Sinta Dewi, Laina Rafianti, Tasya Safiranita Ramli, Sherly Ayuna Putri, Maudy Andreana Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum Indexed by :

                

Complete list


Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum Statistic