Mekanisme Pengawasan Intern Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Oki Wahju Budijanto

  Abstract


Inspektorat Jenderal sebagai unsur pengawasan intern harus dapat merumuskan arah kebijakan strategis, namun masih menghadapi kendala di antaranya adalah belum sepenuhnya menjawab substansi permasalahan dan belum optimalnya komunikasi efektif sesuai mekanisme pengawasan intern. Mekanisme pengawasan intern penting untuk melihat apakah pekerjaan telah sesuai dengan rencana. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi mekanisme pengawasan intern di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM serta kendala-kendala yang dihadapi. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data primer melalui wawancara serta data sekunder. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan menggambarkan bahwa mekanisme pengawasan intern di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM belum sesuai dengan harapan. Dalam upaya perbaikan, maka perlu dilakukan: (1) merevisi pedoman penugasan pengawasan. (2) pembentukan Komite Audit. (3) memperbaiki standar operasional prosedur. (4) penambahan auditor dan pelatihan teknis. (5) Pengembangan SIMWAS yang menyediakan data dan proses secara on-line real time (OLRT). (6) secara konsisten dan berkelanjutan melaksanakan sistem pengawasan intern.


  Keywords


mekanisme; sistem; pengawasan; intern

  Full Text:

PDF

  References


Arta, D., and N. Sari. “Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean Ngurah Rai Kabupaten Badung.” Jurnal Ilmu Manajemen Mahasaraswati (2015).

Creswell, J. “Creswell , J . W . ( 2007 ). Qualitative Inquiry and Research Design : Choosing among Five Approaches ( 2 " ’ ’ Edition ). Thousand Oaks : Sage .” Qualitative Inquiry (2007).

Firdaus, Insan. “Analisis Kebijakan Penempatan Auditor Di Kantor Wilayah Kementerian HUKUM Dan Hak Asasi Manusia.” Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum (2016).

Handoko, T. Hani. “Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia.” Pengantar Manajemen (2011).

Kadarisman, M. “Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia.” Rajawali Press. Jakarta, 2012.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya, 2003.

Mareta, Josefhin. “Pola Penempatan Auditor Di Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia RI.” Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum (2020).

Mujiastono, Dody Mardiansyah, Gustian Wiwaha. “Mujiastono, Dody Mardiansyah, Gustian Wiwaha. Penggunaan Model Risk Control Matrix Dalam Pelaksanaan Audit, Jurnal Pengawasan, Volume 1, Nomor 1 September 2019. Hlm. 13.” Jurnal Pengawasan.

Palandeng, Indrie Debbie, Olivia Syanne Nelwan, and Erlis Milta Rin Sondole. “Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Dan Pengawasan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Pertamina (Persero) Unit Pemasaran Vii, Terminal Bbm Bitung.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (2015).

Patton, Michael Quinn. “Qualitative Research and Evaluation Methods. Thousand Oaks.” Cal.: Sage Publications (2002).

Situmorang, Victor M. Aspek Hukum Pengawasan Melekat dalam Lingkungan Aparatur Pemerintah, Bandung : Rineka Cipta, 1994.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta, 2017.

Peraturan Perundang-Undangan

Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

Permenpan Nomor PER/220/M.PAN/7/2008 tentang Jabatan Fungsional Auditor dan Angka Kreditnya.

Pedoman

Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia (SAIPI).

Web Site

http://itjen.kemenkumham.go.id/images/Laporan_Persepsi_APIP.pdf


  Article Metric

Abstract this article has been read : 2278 times
PDF file viewed/downloaded : 1737 times

DOI: http://dx.doi.org/10.30641/kebijakan.2020.V14.313-338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Oki Wahju Budijanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum Indexed by :

                

Complete list


Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum Statistic