Pembatalan Putusan Arbitrase

Mosgan Situmorang

  Abstract


Putusan arbitrase bersifat final and binding artinya terhadap putusan tersebut tidak dapat dilakukan upaya hukum. Sebagai antisipasi terhadap kemungkinan kesalahan dalam putusan arbitrase maka dibuatlah suatu klausul dalam undang-undang yang mengatur pembatalan putusan arbitrase. Pembatalan adalah suatu mekanisme kontrol terhadap kemungkinan kesalahan arbiter maupun para pihak. Dengan adanya aturan pembatalan dalam undang undang maka putusan tidak bersifat mutlak. Di dalam pelaksanaannya disinyalir sering dipergunakan oleh para pihak, khususnya yang kalah untuk menunda atau mengulur waktu pelaksanaan suatu putusan arbitrase. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembatalan putusan arbitrase maka perlu dilakukan suatu penelitian. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah, pertama bagaimanakah pengaturan pembatalan arbitrase dalam beberapa peraturan yang berlaku di Indonesia dan yang kedua apa akibat yang timbul dengan adanya klausul pembatalan putusan arbitrase. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah normatif yuridis yakni dengan menggunakan data sekunder. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa syarat pembatalan yang terdapat Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999 Tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa lebih sempit bila dibandingkan dengan syarat pembatalan putusan arbitrase dalam beberapa peraturan lainnya dan akibat adanya klausula pembatalan maka di satu sisi kesalahan dalam putusan arbitrase dapat dihindari akan tetapi juga memperlambat pelaksanaan putusan, apabila ada gugatan. Berdasarkan kesimpulan ini disarankan agar klausul mengenai pembatalan arbitrase direvisi. 


  Keywords


arbitrase; pembatalan putusan

  Full Text:

PDF

  References


Adolf, Huala. “Pembatalan Putusan Arbitrase Oleh Pengadilan Dalam Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 15/PUU-XII/2014.” Jurnal Konstitusi 14, no. 4 (2017): 703.

Andriansyah, Muhammad. “Pembatalan Putusan Arbitrase Nasional Oleh Pengadilan Negeri.” Jurnal Cita Hukum 1, no. 2 (2014): 339.

Batubara, Suleman, and Orinton Purba. Arbitase Internasional, Penyelesaian Sengketa Investasi Asing Melalui ICSID, UNCITRAL Dan SIAC. Jakarta: Raih Asas Sukses, 2013.

Budidjaya, Toni. “Pembatalan Putusan Arbitrase Di Indonesia.” Www.Hukumonline.Com, n.d. www.hukumonline.com.

———. “Pembatalan Putusan Arbitrase Di Indonesia.” Hukumonline, n.d. www.hukumonline.com.

Cakrawala, Andi Jukia. Penerapan Konsep Hukum Arbitrase Online Di Indonesia. Yogyakarta: Rangkang Education, 2015.

Fuady, Munir. Arbitrase Nasional: Alternatif Penyelesaian Sengketa Bisnis. Bandung: Citra Aditya, 2006.

Harahap, M. Yahya. Arbitrase Ditinjau Dari Rv, Peraturan Prosedur Bani ICSID Dll. Jakarta: Sinar Grafika, 2004.

Jukubowsky, Jerzy. Arbitrase Komersial Internasional, Penerapan Klausul Dalam Putusan Pengadilan Negeri. Jakarta: Sinar Grafika, 2017.

Kuriawan, Michael Jordi, and Harjono. “Implikasi Yuridis Pembatalan Putusan Arbitrase Di Indonesia, Studi Putusan Nomor: 305/Pdt.G/Bani/2014/Pn.Jkt.Utr.” Jurnal Verstek 4, no. 3 (2016): 120.

Margono, Suyud. ADR & Arbitrase Proses Pelembagaan Dan Aspek Hukum. Bandung: Ghalia Indonesia, 2004.

Rasyid, H. Priyatna Abdul. Arbitrase Dan Alternatif Penyelesaian Sengketa. Jakarta: PT. Fikahati Aneska, 2002.

Redfem, Alan, and Martin Hunter. Law and Practice of International Commercial Arbitration. London: Sweet & Maxwell, 1996.

Situmorang, Samuel F B. “No Title.” Jurnal Ilmiah Dunia Hukum 4, no. 1 (2019).

Soekanto, Soerjono. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: UI Press, 2006.

Timex, Hendhy. “Pelaksanan Dan Pembatalan Putusan Arbitrase Lex Privatum” 1, no. 2 (2013): 87.

Widjaja, Gunawan, and Ahmad Yani. Hukum Arbitrase. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000.

“UNCITRAL Model Law on International Commercial Arbitration 1985.” UNCITRAL Model Law on International Commercial Arbitration. Last modified 1985. http://www.uncitral.org.


  Article Metric

Abstract this article has been read : 11509 times
PDF file viewed/downloaded : 4390 times

DOI: http://dx.doi.org/10.30641/dejure.2020.V20.573-586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian Hukum De Jure

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Penelitian Hukum De Jure Indexed by :

         JournalStories Main logo

Complete list


Jurnal Penelitian Hukum De Jure Statistic