Urgensi dan Inovasi dalam Pembaharuan Peraturan Teknis mengenai Paspor Biasa

Reza Riansyah Abdullah

  Abstract


Pelayanan paspor merupakan salah satu inti pelayanan Direktorat Jenderal Imigrasi yang diamanatkan oleh Undang-Undang Keimigrasian. Perkembangan dan dinamika pelayanan paspor, menuntut adanya perubahan secara parsial terhadap dasar hukum peraturan teknis mengenai paspor. Pelatihan mengenai paspor menumbuhkan pertanyaan yang menunjukkan urgensi pembaharuan peraturan teknis tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana berbagai perkembangan tersebut belum ditunjang oleh dasar hukum pelaksanaannya sehingga perlu dilakukan pembaharuan hukum peraturan teknisnya secara parsial dengan melakukan inovasi pembentukan hukum. Dengan menggunakan metode preskriptif secara kualitatif, konstruksi hermeneutik dilakukan menggunakan interpretasi teks peraturan teknis mengenai paspor dan implementasinya secara nyata. Tulisan ini memaparkan hasil dialektika yang kaya mengenai inovasi, isu aktual yang berkembang dan mekanisme pelaksanaan pelayanan paspor berdasarkan pengalaman dan interaksi antar peserta pelatihan. Sehingga pembaharuan peraturan teknis tidak hanya menjadi suatu urgensi melainkan juga mengakomodir kebutuhan pelayanan paspor yang sangat dinamis. Maka saran yang diberikan adalah sinkronisasi antara pelaksanaan secara kesisteman dengan aturan tertulis melalui revisi peraturan teknis secara inovatif dengan mengikutsertakan ide-ide unggul dari berbagai wilayah kantor imigrasi dalam proses pembaharuan peraturan teknis mengenai paspor.

 


  Keywords


pelayanan paspor; dialektika pelatihan; pembaharuan.

  Full Text:

PDF

  References


Alsadad, Rudi. “Kemenkumham Luncurkan Tiga Layanan Mudah Pembuatan Paspor.” Balitbangham. Last modified 2016. Accessed November 27, 2018. http://www.balitbangham.go.id/detailpost/kemenkumham-luncurkan-tiga-layanan-mudah-pembuatan-paspor.

Anggaran, Tim SIMPONI Ditjen. “Setoran PNBP Lebih Mudah Dan Cepat Via SIMPONI.” Kemenkeu RI. Last modified 2014. Accessed November 11, 2018. https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel-dan-opini/setoran-pnbp-lebih-mudah-dan-cepat-via-simponi.

Asyari, Yusuf. “Sakit, Urus Paspor Tak Perlu Ke Kantor Imigrasi.” Jawapos. Surabaya, 2016. https://www.jawapos.com/nasional/humaniora/16/10/2016/sakit-urus-paspor-tak-perlu-ke-kantor-imigrasi.

Belarminus, Robertus. “LPSK: TKI Paling Rentan Jadi Korban Perdagangan Orang.” Republika. Jakarta, 2018. https://nasional.kompas.com/read/2018/04/05/15255541/lpsk-tki-paling-rentan-jadi-korban-perdagangan-orang.

Biro Humas, Hukum dan Kerjasama Kemenkumham RI. “Manfaatkan E-Gov Untuk Percepatan Pelaksanaan Kinerja.” Kemenkumham RI. Last modified 2016. https://www.kemenkumham.go.id/berita/manfaatkan-e-gov-untuk-percepatan-pelaksanaan-kinerja.

Daniah, R. and Apriani. “Kebijakan Nasional Anti-Trafficking Dalam Migrasi Internasional.” Jurnal Politica 8 (2018).

Ifan. “Perpanjang Paspor Sekarang Mudah Banget.” Blog Rannyifan. Last modified 2017. Accessed November 11, 2018. http://rannyifan.com/perpanjang-paspor-sekarang-mudah-banget.

Republik Indonesia. Peraturan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2016 Tentang Tata Naskah Dinas di Lingkungan Kemenkumham, 2016.

———. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan. Indonesia, 2011.

———. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian. Indonesia, 2011.

Juliady, Andy. “Festival Keimigrasian Permudah Kebutuhan Publik Akan Paspor.” Jaringan Pemberitaan Pemerintah. Last modified 2017. Accessed November 11, 2018. https://jpp.go.id/nasional/pemerintahan/315409-festival-keimigrasian-permudah-kebutuh an-publik-akan-paspor.

Lailam, Tanto. Teori Dan Hukum Perundang-Undangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Margianto, Heru. “Inilah Kronologi Pembuatan Paspor Gayus.” Kompas. Jakarta, 2011. https://nasional.kompas.com/read/2011/05/31/13093777/Inilah.Kronologi. Pembuatan.Paspor.Gayus.

Movanita, Ambaranie Nadia Kemala. “Ganti Paspor Cukup Lampirkan E-KTP Dan Paspor Lama.” Kompas. Jakarta, 2018. https://nasional.kompas.com/read/2018/02/02/18311341/ganti-paspor-cukup -lampirkan-e-ktp-dan-paspor-lama.

Mulyawan, Budy. “Kekuatan Alat Bukti Informasi Elektronik Dalam Penyidikan Tindak Pidana Keimigrasian.” Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum 12, no. 1 (2018): 107–118. ejournal.balitbangham.go.id.

Nainggolan, Poltak Partogi. Aktor Non-Negara: Kajian Implikasi Kejahatan Transnasional Di Asia Tenggara. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2017.

Nugroho, Trisapto. “Peran Intelijen Keimigrasian Dalam Rangka Antisipasi Terhadap Potensi Kerawanan Yang Ditimbulkan Oleh Orang Asing Di Wilayah Indonesia.” Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum 12, no. 3 (2018): 295–311. ejournal.balitbangham.go.id.

Nursyamsi, Muhammad. “Imigrasi Mataram Resmikan Ruang Pelayanan Paspor Ramah HAM.” Republika. Mataram, 2018. https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/03/07/p57jh7368-imigrasi-mataram-resmikan-ruang-pelayanan-paspor-ramah-ham.

Ponco Aji, Koesmoyo dan Wilonotomo. “Pelayanan Pembuatan Paspor Dalam Kajiannya Terhadap Teori Manfaat Teknologi Informasi.” Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum 12, no. 2 (2018): 163–178. ejournal.balitbangham.go.id.

Pramedia, Atet Dwi. “Pemohon Cukup Sekali Datang Ke Kantor Imigrasi Paspor Diantar Ke Rumah.” MetroTVNews, 2016. http://news.metrotvnews.com/peristiwa/3NOYBq7k-pemohon-cukup-sekali-datang-ke-imigrasi-paspor-diantar-ke-rumah.

Putera, Andri Donnal. “Mengenal Sistem Antrean Pembuatan Paspor Secara Daring.” Kompas. Jakarta, 2017. https://megapolitan.kompas.com/read/2017/08/08/13241561/mengenal-sistem-antrean-pembuatan-paspor-secara-daring.

Rachmawati, Tutik dan Sonia Nasution. “Nilai Demokrasi Dalam Pelayanan Publik: Studi Kasus Kantor Imigrasi Bandung.” Jurnal Kebijakan & Administrasi Publik UGM 19, no. 2 (2015).

Saggaf, Said. Reformasi Pelayanan Publik Di Negara Berkembang. Makassar: Penerbit Sah Media, 2018.

Santoso, Iman. Perspektif Imigrasi Dalam Migrasi Manusia. Jakarta: Pustaka Reka Cipta, 2014.

Setiawan, Aris Wahyu. “Peran Pegawai Dalam Pelayanan Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Samarinda.” eJournal Ilmu Pemerintahan Unmul 4 (2016): 115–128.

Syadza, Alifa. “Kebangkitan Pelayanan Publik Melalui Inovasi Pelayanan Paspor.” Blog Beranda Inovasi. Last modified 2016. Accessed November 11, 2018. https://berandainovasi.com/kebangkitan-pelayanan-publik-melalui-inovasi-pelayanan-paspor.

Tanya, Bernard, Markus Hage, Dkk. Teori Hukum, Strategi Tertib Manusia Lintas Ruang Dan Generasi. Yogyakarta: Genta Publishing, 2010.

Taufani, Suteki dan Galang. Metodologi Penelitian Hukum (Filsafat, Teori Dan Praktik). Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2018.

“Tingkatkan Pelayanan, Direktorat Jenderal Imigrasi Luncurkan Anjungan Paspor Mandiri.” Indopos. Jakarta, 2017. https://www.indopos.co.id/ read/2017/07/13/104049/tingkatkan-pelayanan-direktorat-imigrasi-luncur kan-anjungan-paspor-mandiri.


  Article Metric

Abstract this article has been read : 1953 times
PDF file viewed/downloaded : 2585 times

DOI: http://dx.doi.org/10.30641/kebijakan.2019.V13.51-68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Reza Riansyah Abdullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum Indexed by :

                

Complete list


Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum Statistic