Pelayanan Pembuatan Paspor dalam Kajiannya Terhadap Teori Manfaat Teknologi Informasi
Abstract
Peningkatan mutu dari teknologi sangatlah penting dimana setiap negara berusaha untuk berinovasi di bidang teknologi untuk meningkatkan citra bangsanya. Indonesia sebagai negara dengan lalu lintas manusia yang sangat besar selalu berusaha menciptakan inovasi baru di segala aspek di bidang terkait, khususnya dalam aspek teknologi informasi bidang Keimigrasian. Perkembangan di bidang Keimigrasian tidak akan lepas dari pengaruh teknologi informasi sehingga tuntutan untuk meningkatkan mutu dan mengikuti setiap perkembangan teknologi informasi adalah suatu hal yang tidak dapat kita kesampingkan. Teknologi informasi bidang Keimigrasian di era yang serba canggih ini menjadi suatu kajian yang menarik, khususnya terhadap fungsinya dalam pelayanan publik, salah satunya adalah pelayanan paspor. Penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan paspor sangat membantu meningkatkan efektifitas maupun efisiensi pekerjaan, selain itu penggunaan teknologi informasi juga mampu meningkatkan keamanan terhadap suatu keabsahan dokumen, sehingga peranan teknologi informasi disini menjadi hal utama dalam era yang serba digital ini untuk dikaji.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku-buku
Indrajit, Richardus Eko, 2016, Manajemen Informasi dan Teknologi Informasi, STIMIK Perbannas Renaissance Center, Jakarta
Moekijat, 2008, Adminitrasi Perkantoran,
Mandar Maju, Bandung
Moleong Lexy J, 2004. Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdakarya
Riant Nugroho, 2017, Manajemen Pelayanan Publik, Rajawali Pers.
Ratminto & Atik Septi Winarsih, 2015, Manajemen Pelayanan Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizens Charter Dan Standar Pelayanan Minimal, Pustaka Pelajar Kh
Sefriani, 2016, Peran Hukum Internasional dalam Hubungan Internasional Kontemporer - Cetakan Kedua, Raja Grafindo Persada, Jakarta
Sugiyono, 2008, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, CV. Alfabeta.
Jurnal / Karya Ilmiah
Chin, W.C. dan Todd, P.A., 1995, ‘On the Use, Usefulness and Ease of Use of Structural Equation Modelling in MIS Research : A Note of Caution’, MIS Quarterly, Vol. 19 No. 2
Davis,F.D, 1989, ‘Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology’, MIS Quarterly, Vol. 13 No. 5
Mazia, Lia, 2013, ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Pelayanan Pembuatan Paspor Baru Di Wilayah Dki Jakarta’, Pilar Nusa Mandiri, Vol IX No. 1, Maret 2013
Rahardi, Dedi Rianto, 2007, ‘Peranan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Pelayanan di Sektor Publik’, Seminar Nasional Teknologi, Yogyakarta
Thompson, R. L., Higgins, C. A., and Howell,
J. M., 1994, ‘Influence of Experience on Personal Computer Utilization: Testing a Conceptual Model’, Journal of Management Information Systems Vol.11 No.1
Sumber Lainnya
Aulawi, Amin, 2017, ‘Inilah Mekanisme pembuatan Paspor Agar Rencana Liburan ke Luar Negerimu Gak Terasa Ribet’, www.inovasee.com, 2017,
diakses pada tanggal 3 Maret 2018.
Putra, Andri Donnal, 2017, ‘Mengenal Sistem Antrean Pembuatan Passpor Secara Daring (online)’, www.megapolitan. kompas.com, 8 Agustus 2017, diakses
pada tanggal 3 Maret 2018
http://gudangbelajar123.blogspot. co.id/2016/04/teknologi-informasi-pada- pelayanan.html
Yasri, Wa, 2016, ‘Teknologi Informasi pada Pelayanan Publik’,
Article Metric
Abstract this article has been read : 4182 timesPDF file viewed/downloaded : 10749 times
DOI: http://dx.doi.org/10.30641/kebijakan.2018.V12.163-178
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Wilonotomo Wilonotomo, Koesmoyo Ponco Aji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum Indexed by :