Pelayanan Pembuatan Paspor dalam Kajiannya Terhadap Teori Manfaat Teknologi Informasi

Wilonotomo Wilonotomo, Koesmoyo Ponco Aji

  Abstract


Peningkatan mutu dari teknologi sangatlah penting dimana setiap negara berusaha untuk berinovasi di bidang teknologi untuk meningkatkan citra bangsanya. Indonesia sebagai negara dengan lalu lintas manusia yang sangat besar selalu berusaha menciptakan inovasi baru di segala aspek di bidang terkait, khususnya dalam aspek teknologi informasi bidang Keimigrasian. Perkembangan di bidang Keimigrasian tidak akan lepas dari pengaruh teknologi informasi sehingga tuntutan untuk meningkatkan mutu dan mengikuti setiap perkembangan teknologi informasi adalah suatu hal yang tidak dapat kita kesampingkan. Teknologi informasi bidang Keimigrasian di era yang serba canggih ini menjadi suatu kajian yang menarik, khususnya terhadap fungsinya dalam pelayanan publik, salah satunya adalah pelayanan paspor. Penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan paspor sangat membantu meningkatkan efektifitas maupun efisiensi pekerjaan, selain itu penggunaan teknologi informasi juga mampu meningkatkan keamanan terhadap suatu keabsahan dokumen, sehingga peranan teknologi informasi disini menjadi hal utama dalam era yang serba digital ini untuk dikaji.


  Keywords


Teknologi, Pelayanan Publik, Paspor, Efektifitas

  Full Text:

PDF

  References


Buku-buku

Indrajit, Richardus Eko, 2016, Manajemen Informasi dan Teknologi Informasi, STIMIK Perbannas Renaissance Center, Jakarta

Moekijat, 2008, Adminitrasi Perkantoran,

Mandar Maju, Bandung

Moleong Lexy J, 2004. Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdakarya

Riant Nugroho, 2017, Manajemen Pelayanan Publik, Rajawali Pers.

Ratminto & Atik Septi Winarsih, 2015, Manajemen Pelayanan Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizens Charter Dan Standar Pelayanan Minimal, Pustaka Pelajar Kh

Sefriani, 2016, Peran Hukum Internasional dalam Hubungan Internasional Kontemporer - Cetakan Kedua, Raja Grafindo Persada, Jakarta

Sugiyono, 2008, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, CV. Alfabeta.

Jurnal / Karya Ilmiah

Chin, W.C. dan Todd, P.A., 1995, ‘On the Use, Usefulness and Ease of Use of Structural Equation Modelling in MIS Research : A Note of Caution’, MIS Quarterly, Vol. 19 No. 2

Davis,F.D, 1989, ‘Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology’, MIS Quarterly, Vol. 13 No. 5

Mazia, Lia, 2013, ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Pelayanan Pembuatan Paspor Baru Di Wilayah Dki Jakarta’, Pilar Nusa Mandiri, Vol IX No. 1, Maret 2013

Rahardi, Dedi Rianto, 2007, ‘Peranan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Pelayanan di Sektor Publik’, Seminar Nasional Teknologi, Yogyakarta

Thompson, R. L., Higgins, C. A., and Howell,

J. M., 1994, ‘Influence of Experience on Personal Computer Utilization: Testing a Conceptual Model’, Journal of Management Information Systems Vol.11 No.1

Sumber Lainnya

Aulawi, Amin, 2017, ‘Inilah Mekanisme pembuatan Paspor Agar Rencana Liburan ke Luar Negerimu Gak Terasa Ribet’, www.inovasee.com, 2017,

diakses pada tanggal 3 Maret 2018.

Putra, Andri Donnal, 2017, ‘Mengenal Sistem Antrean Pembuatan Passpor Secara Daring (online)’, www.megapolitan. kompas.com, 8 Agustus 2017, diakses

pada tanggal 3 Maret 2018

http://gudangbelajar123.blogspot. co.id/2016/04/teknologi-informasi-pada- pelayanan.html

Yasri, Wa, 2016, ‘Teknologi Informasi pada Pelayanan Publik’,


  Article Metrics

Abstract This article has been read : 2742 times
PDF file viewed/downloaded : 9006 times

DOI: http://dx.doi.org/10.30641/kebijakan.2018.V12.163-178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum

License URL: http://ejournal.balitbangham.go.id

Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum Indexed by :

 


Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum Statistic

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License