Komitmen Agen Perubahan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam Pembangunan Zona Integritas Berkelanjutan
Abstract
Reformasi Birokrasi merupakan salah satu langkah awal mendukung program pemerintah untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan organisasi Kementerian Hukum dan HAM yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan professional dalam mewujudkan good governance dan clean governement menuju aparatur Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN), meningkatnya pelayanan prima serta meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis komitmen agen perubahan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam pembangunan zona integritas berkelanjutan dan faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Dengan pendekatan deskriptif-kualitatif, penelitian ini menggambarkan bahwa Agen Perubahan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia telah berhasil mengimplementasikan perannya sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Hukum dan HAM tentang Pedoman Pembangunan Agen Perubahan walaupun masih ada perbedaan persepsi dalam mekanisme penetapan agen perubahan. Faktor pendorong potensial pembangunan agen perubahan adalah sumber daya manusia muda yang enerjik, komitmen tinggi para pimpinan, insentif, dan dukungan masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Republik Indonesia. PeraturanMenteri PAN-RB Nomor 13 Tentang Pedoman Peningkatan Kualitas PelayananPublik dengan Partisipasi Masyarakat. Perundang-undangan, Jakarta: Pemerintah RepublikIndonesia, 2009.
http://id.voi.co.id/voi-dignitorial/4441-evaluasi-terhadap-jalannya-reformasi-birokrasi.html. (diakses 16 Januari 2021)
Admin. https://actconsulting.co/apa-dan-bagaimana-peran-agen-perubahan-dalam-organisasi/. March 22, 2018. https://actconsulting.co/apa-dan-bagaimana-peran-agen-perubahan-dalam-organisasi/ (accessed Juni 3, 2021).
Biro Humas, Hukum dan Kerjasama Kementerian Hukum dan HAM. https://www.kemenkumham.go.id/publikasi/siaran-pers. Desember 21, 2020. https://www.kemenkumham.go.id/publikasi/siaran-pers/83-unit-kerja-kemenkumham-terima-penghargaan-zona-integritas-yasonna-laoly-kita-bisa-wujudkan-pelayanan-publik-yang-berintegritas (accessed Maret 19, 2021).
Fatmawati, Sri Gustina Pane dan. "PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PERTANAHAN NASIONAL KOTA MEDAN." Jurnal Riset Manajemen & Bisnis (JRMB) Vol. 2. No.3. Oktober 2017 , 2017: 67.
Handayani, Mella. "https://jurnal.um-palembang.ac.id." Balance Jurnal Akuntansi dan Bisnis. Maret 19, 2019. https://jurnal.um-palembang.ac.id/balance/article/view/1817/1483 (accessed Juni 08, 2021).
Handayani, Mella. "Pengaruh Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, dan Jabatan Fungsional Auditor Terhadap Komitmen Organisasi dan Dampaknya Terhadap Kinerja Auditor Internal (Studi Pada BPKP dan Inspektorat Sumatera Selatan) ." Jurnal Akuntansi dan Bisnis Volume 4 Nomor 1 Juni 2019, 2019: 513.
John W. Creswell, Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. California: SAGE Publications, Inc, 1994.
Kementerian Hukum dan HAM, Republik Indonesia. "Pedoman Pembangunan Agen Perubahan di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia." Keputusan Menteri Nomor M. HH-09.OT.03.01, Tanggal 27 Januari 2020, Jakarta, 2020.
Kementerian Hukum dan HAM, Republik Indonesia. "Pedoman Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia." Keputusan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor M.HH-20.OT.03.02 , Jakarta, 2019.
Maulana, Rizkie. http://rizkie-library.blogspot.com/2015/09/agent-of-change-dalam-difusi-inovasi.html, 030621. September 8, 2015. http://rizkie-library.blogspot.com/2015/09/agent-of-change-dalam-difusi-inovasi.html, 030621 (accessed Juni 3, 2021).
Nawawi, M. Hadari. Metodologi Penelitian . Yogyakarta: Gajahmada University Press, 2005.
Penelitian, Hasil Olah Data Lapangan Tim, interview by Tim Penelitian. Komitmen ASN Agen Perubahan (Mei 1-30, 2021).
Poerwandari, E.K. Pendekatan kualitatif Untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. , 2001.
Republik Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia. n.d. https://kbbi.web.id/komitmen (accessed Januari 24, 2021).
—. Road Map Reformasi Birokrasi KemengterianHukum dan HAM 2015-2019. Jakarta: Pemerintah, 2015.
Sumaryana, Asep. "Reformasi Pelayanan Publik." Jurnal Administrasi Negara, FISIP Unpad, 2010: 47.
Taufik. "Reformasi Birokrasi: Belajar Dari Upaya Reformasi Sumber Daya Manusia Aparatur Di Indonesia." Jurnal Transformasi Administrasi Volume 10 Nomor 02, 2020: 118.
Article Metric
Abstract this article has been read : 1170 timesPDF file viewed/downloaded : 1178 times
DOI: http://dx.doi.org/10.30641/kebijakan.2021.V15.415-430
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ahmad Jazuli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum Indexed by :