Analisa Pembentukan Organisasi Pengelola Nusakambangan sebagai Pilot Project Revitalisasi Pemasyarakatan

Imam Lukito, Edward James Sinaga

  Abstract


Pada tahun 1908 Nusakambangan telah ditetapkan sebagai rumah bagi mereka yang menjalani masa hukuman dan selanjutnya pada tahun 1912 ditetapkan sebagai “pulau penjara” oleh Pemerintah Hindia Belanda. Penetapan Nusakambangan sebagai pilot project percepatan pelaksanaan Revitalisasi Pemasyarakatan dilakukan dalam upaya memaksimalkan pembinaan narapidana. Nusakambangan memiliki lahan sangat luas yang dapat dimanfaatkan sesuai dengan tugas dan fungsi pemasyarakatan. Di lahan sangat luas tersebut terdapat delapan unit kerja Pemasyarakatan. Hingga saat ini pemanfaatan lahan belum optimal, baik dalam perencanaan, pemanfaatan, pengelolaan, maupun pengawasan. Selain itu, juga belum memiliki organisasi pengkoordinasi unit kerja pemasyarakatan dan pengolahan lahan. Tulisan ini membahas pemanfaatan Nusakambangan saat ini, serta model organisasi pengelolaan Nusakambangan dalam rangka mendukung tugas dan fungsi Pemasyarakatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil analisis diperoleh bahwa Nusakambangan saat ini dimanfaatkan sebagai kawasan terpadu revitalisasi pembinaan narapidana berbasis pada pemanfaatan lahan produktif. Model organisasi yang akan dibentuk sebagai pengkoordinasi unit kerja Pemasyarakatan di Nusakambangan serta dapat melakukan tugas dan fungsi pemanfaatan dan pengelolaan lahan. Untuk itu diperlukan regulasi yang jelas dalam pengelolaan Nusakambangan, mensertifikasi aset Barang Milik Negara di Nusakambangan, dan mengoptimalkan redistribusi narapidana. Serta perlu membentuk unit kerja dengan model sebagai pengkoordinasi unit kerja pemasyarakatan dan pengelolaan lahan Nusakambangan.


  Keywords


model organisasi; nusakambangan; revitalisasi pemasyarakatan

  Full Text:

PDF

  References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta, 2018.

Aziz, Abdul. “Begini Sejarah Penemuan Pulau Bui Nusakambangan.” Last modified 2017. https://www.merdeka.com/peristiwa/begini-sejarah-penemuan-pulau-bui-nusakambangan.html.

Febryanto, Tony. “Kisah Berdirinya Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Di Pulau Nusakambangan Tidak Lepas Dari Zaman Penjajahan Belanda.” Last modified 2015. https://www.brilio.net/news/inilah-asal-usul-penjara-di-pulau-nusakambangan-asal-usul-lapas-nusakambangan-150428u.html#.

Haryono. “Optimalisasi Pelaksanaan Tugas Dan Fungsi Lapas Terbuka Dalam Proses Asimilasi Narapidana.” Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum Vol. 12, no. No. 3 (2018). https://ejournal.balitbangham.go.id/index.php/kebijakan/article/view/536/pdf.

Indonesia, Republik. Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Nomor 40 Tahun 2018 Tentang Cetak Biru Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan Tahun 2019-2023. Indonesia, 2018.

Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2018.

Miles, Mattew B., and Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press, 2014.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Nastha Itsyana, Rhezky. “Peranan Lembaga Pemasyarakatan Dalam Pelaksanaan Prinsip-Prinsip Pemasyarakatan (Studi Di LP Pemuda Kelas II B Plantungan Kendal).” Universitas Muhamadiyah Surakarta, 2016.

Nazir, Moh. Metode Penelitian. Cetakan 11. Bogor: Ghalia Indonesia, 2017.

Nugroho, Trisapto Wahyudi Agung. “Optimalisasi Peran Pembimbing Kemasyarakatan Dalam Revitalisasi Pemasyarakatan.” Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum Vol. 14, no. No. 3 (2020).

Pemasyarakatan, Direktorat Jenderal. Rancangan Pembangunan Pulau Nusakambangan Sebagai Kawasan Khusus Lembaga Pemasyarakatan. Jakarta, 2015.

Romly, H. “Tim Wilayah Perbatasan Dan Tata Ruang Pertahanan Kemenpolhukam, Bahas Nusakambangan.” Humas Pemerintah Kabupten Cilacap. Last modified 2018. https://humas.cilacapkab.go.id/2018/10/10/tim-wilayah-perbatasan-dan-tata-ruang-pertahanan-kemenpolhukam-bahas-nusakambangan/.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Sulton, Muchamad, Ibnu Sodiq, and Andy Suryadi. “Perkembangan Lembaga Pemasyarakatan Pulau Nusakambangan Kabupaten Cilacap.” Journal of Indonesian History 7, no. 1 (2018): 45–55.

Tholib. “Pemberdayaan Terbuka Sebagai Wujud Pelaksanaan Community Bassed Corrections Di Indonesia.” Last modified 2010. http://www.ditjenpas.go.id.

Umum, Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian Pekerjaan. Rancangan Rencana Tata Ruang Pulau Nusakambangan Yang Dilakukan Oleh Direktorat Tata Ruang Kementrian PU Bekerjasama Dengan PT. Bentareka Cipta Consulting Group, 2008.

“Komisi III Usulkan Nusakambangan Jadi Badan Otorita Khusus.” Last modified 2020. http://www.dpr.go.id/berita/detail/id/27848/t/Komisi+III+Usulkan+Nusakambangan+jadi+Badan+Otorita+Khusus.


  Article Metrics

Abstract This article has been read : 169 times
PDF file viewed/downloaded : 300 times

DOI: http://dx.doi.org/10.30641/kebijakan.2021.V15.49-66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Imam Lukito, Edward James Sinaga

Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum Indexed by :

 


Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum Statistic

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License