Pengaruh Work From Home terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan

Rezeky Ana Ashal

  Abstract


Presiden Indonesia dalam konferensi persnya menginstruksikan kepada seluruh masyarakat agar menerapkan social distancing, yaitu kerja dari rumah, belajar di rumah, dan ibadah di rumah dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19. Terkait hal tersebut, penelitian ini memiliki beberapa fokus, yang pertama adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Work from Home di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan. Kedua, apakah ada faktor penghambat dalam pelaksanaan Work from Home di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan dan apa pengaruh Work from Home terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan mengambil data dari setiap laporan Bagian dan Bidang di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan. Selain itu, studi pustaka terkait Work from Home itu sendiri juga dilakukan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara. Hasil yang diperoleh adalah bahwa pelaksanaan Work from Home di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan berjalan dengan baik, tidak ditemukan faktor penghambat yang terlalu berarti terhadap kinerja dan kinerja para pegawai tetap terjaga dengan tetap mengedepankan pelayanan prima dan tidak mengesampingkan protokol kesehatan yang ada.


  Keywords


work from home, kinerja, aparatur sipil negara, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan.

  Full Text:

PDF

  References


Amins, Achmad. Manajemen Kinerja Pemerintah Daerah. Yogyakarta: LaksBang, 2009.

Arikunto, S. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.

Ariyanti, Hari. “Mendagri Soal ASN Kerja Dari Rumah: Terpenting Pelayanan Tak Terganggu.” Merdeka.Com, n.d. https://www.merdeka.com/peristiwa/mendagri-soal-asn-kerja-dari-rumah-terpenting-pelayanan-tak-terganggu.html.

Barech, Sabiha Abid dan Daro Khan. “The Impact Of Flexible Working Hours On The Employees Performance.” International Journal of Economics, Commerce and Management V, no. 7 (2017): 450–466.

Crosbie, Tracey, and Jeanne Moore. Work-Life Balance and Working from Home. Social Policy and Society, 2004.

Eurofound and the International Labour Office. Working Anytime, Anywhere: The Effects on the World of Work. Geneva, Publications Office of the European Union, Luxembourg, and the International Labour Office, 2017.

Febriani, Nuri Sadida dan Zulfa. “Mengikat Karyawan Dengan Telecommuting.” Jurnal Psikogenesis 4, no. 1 (2016): 114–125.

Humas MenPAN-RB. “Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 Dengan Kerja Di Rumah Bagi AS.” Menpan.Go.Id. https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/pencegahan-penyebaran-virus-covid-19-dengan-kerja-di-rumah-bagi-asn.

Mangkuprawira, Tb. Sjafri. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. (Cetakan Pertama). Jakarta: Penerbit Ghalia Indoneisa, 2004.

Meyrina, Rr. Susana Andi. “Pelaksanaan Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Pegawai Di Lingkungan Kementerian Hukum Dan HAM.” Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum 11, no. 2 (2017): 153.

Miles, Matthew B. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia, 1992.

Primanda, Rezsa. “Pengaruh Budaya Organisasi, Locus of Control Dan Penerapan Sistem Informasi Terhadap Kinerja Aparat Unit-Unit Pelayanan Publik.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2008.

Roy Marten Moont, Dkk. “Pelaksanaan Pengukuran Prestasi Kerja Terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) Di Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo.” Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum 12, no. 2 (2018): 159.

Schall, Marie Antoinette. The Relationship Between Remote Work and Job Satisfaction: The Mediating Roles of Perceived Autonomy, Work-Family Conflict, and Telecommuting Intensity. San Jose: San Jose State University, 2019.

Sedarmayanti. Manajemen Sumber Daya, Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil (Cetakan Ke Lima). Bandung: PT. Refika Aditama, 2011.

Simanjuntak, Payaman J. Manajemen Dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI, 2011.

Sinambela, Lijan Poltak. Kinerja Pegawai: Teori Pengukuran Dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2006.

Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) No.19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara (Aparatur Sipil Negara) dalam Upaya Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah, 2020.

Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 34 Tahun 2020, 2020.

Sutrisno, Edy. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. 2014.

Wibowo. Manajemen Kinerja. Jakarta: : PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Widyaningrum, Gita Laras. “WHO Tetapkan COVID-19 Sebagai Pandemi Global, Apa Maksudnya?” Nationalgeographic.Grid.Id, n.d. https://nationalgeographic.grid.id/read/132059249/who-tetapkan-covid-19sebagai-pandemi-global-apa-maksudnya.

Worley, Thomas Cummings, and Christopher. Organization Development & Change. Thomson and South Western, 8th Edition, 2005.


  Article Metric

Abstract this article has been read : 19419 times
PDF file viewed/downloaded : 13994 times

DOI: http://dx.doi.org/10.30641/kebijakan.2020.V14.223-242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rezeky Ana Ashal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum Indexed by :

                

Complete list


Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum Statistic