Persamaan Hak Atas Pendidikan terhadap Penerapan Sistem Zonasi
Abstract
Klasterisasi yang muncul karena adanya jalur zonasi, afirmasi, dan perpindahan orang tua/wali memiliki implikasi terhadap tercederainya hak atas pendidikan khususnya dalam memilih fasilitas pendidikan secara bebas dan leluasa, hal itu dihambat oleh adanya persentasi zonasi yang diterapkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021. Problematika hak atas pendidikan itu muncul karena lebih mengutamakan aspek ‘jarak’ di bandingkan ‘kognitif’, bahkan peluang ekonomi yang tidak mampu jauh lebih sedikit dibandingkan zonasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengkaji adanya problematika ekualitas hak atas pendidikan sejak diterapkannya sistem zonasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kebijakan itu berimplikasi terhadap tidak terpenuhinya hak atas pendidikan sebagaimana yang diatur oleh Pasal 28C ayat (1) dan Pasal 31 ayat (2) UUD NRI Tahun 1945, bahwa dalam proses penerimaan siswa baru harus mempertimbangkan ‘nilai’ sebagai kuota terbanyak terhadap daya tampung sekolah, kemudian diikuti oleh jalur afirmasi, dan jalur perpindahan orangtua/wali untuk menciptakan ekualitas hak atas pendidikan yang proporsional dan berkeadilan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfian, Muhammad Alfan. “Politik Zonasi Dalam Praktik Pendidikan Di Indonesia.” Politicon : Jurnal Ilmu Politik 1, no. 2 (2019): 117–133.
Bakar, Kosasih Ali Abu, Yetti Supriyati, and Ivan Hanafi. “The Evaluation of Admission Student Policy Based on Zoning Sys-Tem for Acceleration Education Quality in Indonesia.” Journal of Management Info 6, no. 2 (2019): 19–24.
Barnawi, Muhammad Munadi dan. Kebijakan Publik Di Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Belajar, Merdeka, Pandangan Ki, Hadjar Dewantara, Relevansinya Bagi Pengembangan, Pendidikan Karakter, and Dela Khoirul Ainia. “Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat Indonesia 3, no. 3 (2020): 95–101. https:// ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/ article/view/24525.
Children’s Legal Centre. “The Right to Education in England: Alternative Report to the Committee on Economic, Social and Cultural Rights,” no. September (2008). http://www2. ohchr.org/english/bodies/cescr/docs/ngos/ CLC_UK_42CESCR.pdf.
Dkk, S. Abdi. Potret Pemenuhan Hak Atas Pendidikan Dan Perumahan Di Era Otonomi Daerah. Yogyakarta: PusHAM UII, 2009.
Efendi, Jonaedi, and Johny Ibrahim. Metode Penelitian Hukum Normatif Dan Empiris. Depok: Prenada Media, 2016.
Emzir, Sam M Chan. Isu-Isu Kritis Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah. Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.
H.A.R Tilaar, Riant Nugroho. Kebijakan Pendidikan: Pengantar Untuk Memahami Kebijakan Pendidikan Dan Kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Hasbullah. Kebijakan Pendidikan Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, Dan Kondisi Objektif Pendidikan Di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2015.
Huda, Mohammad Nurul. “THE IMPACT OF ZONATION SYSTEM IN PERMENDIKBUD NO . 20 YEAR 2019
IN PAMEKASAN DISTRICT” 07, no. 02
(2020): 319–347.
Lau, Wilfred. “Means to an End : A Comparative Review of Finland and Singapore ’ s Basic Education Systems” (2015): 1–62.
Legawi, Nita Pandini, Elvina Nanda Pradina, Joshua Jodie Gabriel. “Zonation Policy Of High School Level” II, no. September (2020): 405–419.
Luijkx, Ruud, and Manon de Heus. “The Educational System of the Netherlands.” The International Standard Classification of Education (ISCED-97). An evaluation of content and criterion validity for 15 European countries (2008): 47–75. http://www.mzes. uni-mannheim.de/buch_d.php?tit=isced97. html.
Madjiid, Abd. Analisis Kebijakan Pendidikam.
Yogyakarta: Samudra Biru, 2018.
Marzuki, Peter Mahmud. Penelitian Hukum.
Jakarta: Kencana, 2011.
Mulyani, Tri, and Dewi Tuti Muryati. “Juridical Analysis of Zonation Systems.” Jurnal USM Law Review Vol 3, no. 1 (2020): 34–58.
Nasution, A G J. “Diskursus Merdeka Belajar Perspektif Pendidikan Humanisme.” … al- Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra … 6 (2020): 1. http://jurnal.uinsu. ac.id/index.php/ihya/article/view/7921.
News, Detik. “Ujian Nasional Dihapus, Begini Sejarahnya 6 Kali Ganti Nama Sejak 1950.” Https://News.Detik.Com/ Berita/d-4819691/Ujian-Nasional-Dihapus- Begini-Sejarahnya-6-Kali-Ganti-Nama- Sejak-1950/1.
Pradewi, Gunarti Ika, and Rukiyati Rukiyati. “Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Perspektif Pendidikan.” Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan 4, no. 1 (2019): 28–34.
Prastiwi, Mahar. “SE Mendikbud, PPDB 2021 Tetap Gunakan 4 Jalur Ini Artikel Ini Telah Tayang Di Kompas.Com Dengan Judul ‘SE Mendikbud,PPDB2021TetapGunakan4Jalur Ini’, Klik Untuk Baca: Https://Www.Kompas. Com/Edu/Read/2021/02/05/100320871/ Se-Mendikbud-Ppdb-2021-Tetap-G.” Ht t p s: / / W w w. K o mp a s. C o m/ E d u / R e a d / 2 0 2 1 / 0 2 / 0 5 / 1 0 0 3 2 0 8 7 1 / S e - Mendikbud-Ppdb-2021-Tetap-Gunakan-4- Jalur-Ini?Page=all.
Projects, Capstone, and Master Theses. “Digital Commons @ CSUMB Comparison of the U
. S . and Finland ’ s Educational Systems on Students ’ Academic Achievement” (2019).
Purwanti, Dian, Ira Irawati, Herijanto Bekti, and Josy Adiwisastra. “Implementation of
Zoning System Policy for New Students Admission.” Proceeding of International Conference on Social Sciences 0, no. 0 (2019): 2721–6888. https://jurnal.umj.ac.id/ index.php/ICSS/article/view/6463.
RI, Kemendikbud. “Daftar Tanya Jawab Kebijakan Zonasi Tahun Ajaran 2020/2021.” Https:// Www.Kemdikbud.Go.Id/Main/Tanya-Jawab/ Kebijakan-Zonasi-Tahun-Ajaran-20202021.
Suandika, I Nyoman, and Komang Saputra. “Controversion of Zonation Application to New Students in Bali Province” (2021): 14– 17.
Suardita I Putu Andika, I Ketut; Pratama. “Pengaturan Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Jalur Zonasi Sekolah.” Kertha Patrika 41, no. Vol 41 No 3 (2019) (2019):
–250.
Syafitri, Eni, and Agus Mahfud Fauzi. “Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Pemerataan Pendidikan Di Sman 1 Kamal.” Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi 18, no. 01 (2021): 33–40.
Article Metric
Abstract this article has been read : 2851 timesPDF file viewed/downloaded : 3166 times
DOI: http://dx.doi.org/10.30641/ham.2021.12.179-192
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Eka NAM Sihombing, Cynthia Hadita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal HAM Indexed by :