Analisis Yuridis Pendidikan Jarak Jauh dalam Perspektif Hak Asasi Manusia dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia

Belinda Gunawan

Abstract


Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas pada masa pandemic Covid-19 di Indonesia telah menimbulkan permasalahan sosial baru terkait dengan hak atas pendidikan. Permasalahan sosial tersebut dikarenakan adanya miskonsepsi PJJ yang umumnya diartikan sebagai pembelajaran daring (online) yang berakibat pada timbulnya kesenjangan sosial dalam pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif dengan menggunakan data sekunder. Bentuk penelitian yaitu penelitian preskriptif untuk memberikan saran atas permasalahan PJJ. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui pengertian PJJ dalam hukum positif dan kesesuaiannya dengan hak asasi manusia (HAM) di bidang pendidikan dalam hukum Indonesia, yang bermanfaat bagi institusi pendidikan dan pengenyam pendidikan dasar dan menengah dalam melaksanakan PJJ. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa PJJ di Indonesia telah memiliki dasar hukum pada UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas dan peraturan-peraturan dibawahnya yang sesuai dengan Pancasila, UUD NRI 1945 dan prinsip-prinsip HAM. PJJ merupakan pembelajaran yang menggunakan berbagai sumber belajar, melalui teknologi komunikasi dan informasi yang lebih luas dari sekedar pembelajaran daring saja sebagaimana yang dipahami oleh masyarakat. PJJ yang menjunjung tinggi pemenuhan hak atas pendidikan dapat diartikan yaitu pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945, dimana pendidikan harus dilaksanakan secara demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif dan menjunjung tinggi HAM, sehingga untuk mewujudkannya perlu melibatkan peran pemerintah, institusi pendidikan dan masyarakat.


Keywords


pendidikan; pembelajaran jarak jauh; kemendikbud; hak atas pendidikan

Full Text:

PDF

References


Adit, Albertus. “12 Aplikasi Pembelajaran Daring Kerjasama Kemendikbud, Gratis!” Last modified 2020. Accessed July 19, 2020. https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/22/123204571/12-aplikasi-pembelajaran-daring-kerjasama-kemendikbud-gratis?page=all.

Arifah, Risqi Ervera Nur, Sukirman, and Sujalwo. “Pengembangan Game Edukasi Bilomatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SD.” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Brawijaya 6, no. 6 (2019): 617–624.

Asshiddiqie, Jimly. Pengantar Ilmu Hukum Tata Negara. 1st ed. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Budiman, Arief. Teori Negara: Negara, Kekuasaan Dan Ideologi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1996.

CNBC Indonesia. “Nonton TVRI Online & Jadwal Belajar Dari Rumah Anak Sekolah.” Last modified April 14, 2020. Accessed July 19, 2020. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200414144619-37-151832/nonton-tvri-online-jadwal-belajar-dari-rumah-anak-sekolah.

Hadjon, Philipus M. “‘Hukum Administrasi Sebagai Instrumen Hukum Untuk Mewujudkan Good Governance.’” In Hukum Administrasi Dan Good Governance. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti, 2010.

Huijbers, Theo. Filsafat Hukum Dalam Lintasan Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1982.

Ibrahim, Johnny. Teori Dan Metodologi Penelitian Hukum Normatif. Malang: Bayumedia Publishing, 2008.

Isdiyanto, Ilham Yuli. “Menakar ‘Gen’ Hukum Indonesia Sebagai Dasar Pembangunan Hukum Nasional.” Jurnal Hukum dan Pembangunan 48, no. 3 (2018): 589–611.

Jalil, Aria. “Pembelajaran Jarak Jauh.” Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang 1, no. 1 (1994): 22–43.

Kelsen, Hans. The Pure Theory of Law. California: University of California Press, 1967.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, and Kementerian Dalam Negeri. “Keputusan Bersama Tanggal 15 Juni 2020 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran Dan Tahun Akademik Baru Di Masa Pandemi Covid-19.” In Keputusan Bersama Tanggal 15 Juni 2020 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran Dan Tahun Akademik Baru Di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta, 2020.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. “Mendikbud Kembali Tegaskan Pembukaan Sekolah Di Zona Hijau Harus Mengedepankan Protokol Kesehatan.” Last modified 2020. Accessed July 19, 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/07/mendikbud-kembali-tegaskan-pembukaan-sekolah-di-zona-hijau-harus-mengedepankan-protokol-kesehatan.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Hanya 8 Persen Guru Yang Paham Gawai Untuk Pembelajaran Daring. Jakarta, 2020. https://www.kpai.go.id/berita/hanya-8-guru-yang-paham-gawai-untuk-pembelajaran-daring.

Kusuma, RM A.B. Sistem Pemerintahan Pendiri Negara versus Sistem Presidensiel Orde Reformasi. Depok: Badan Penerbit Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2011.

MacKenzie, O., E. Christensen, and Rigby P.H. Correspondence Instruction in the United States: A Study of What It Is, How It Functions, and What Its Potential May Be. New York: McGraw-Hill Book Co., 1968.

Mawardi, Irvan. Paradigma Baru PTUN Respon Peradilan Administrasi Terhadap Demokrasi. Yogyakarta: Thafa Media, 2016.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Peraturan Menteri Nomor 119 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Pada Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2014.

———. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 119 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Pada Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2014.

Michael, Donny. “Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Bagi Penyandang Disabilitas Di Universitas Brawijaya.” Jurnal HAM 11, no. 2 (2020): 201–217.

Moore, M.G. “Toward a Theory of Independent Learning and Teaching.” Journal of Higher Education 44 (1973): 66–79.

Munir. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta, 2009.

Nurdin, Irfan Rahman. “Penerapan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Massive Open Online Course (MOOC) Di Universitas Ciputra Enterpreunership Online (UCEO).” Universitas Negeri Semarang, 2017.

Oktawirawan, Dwi Hardani. “Faktor Pemicu Kecemasan Siswa Dalam Melakukan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 20, no. 2 (2020): 541–544.

Prasasti, Giovani Dio. “UNESCO: Penutupan Sekolah Akibat COVID-19 Berdampak Pada 290 Juta Pelajar Di Dunia Pendidikan.” Last modified 2020. Accessed July 19, 2020. https://www.liputan6.com/health/read/4195275/unesco-penutupan-sekolah-akibat-covid-19-berdampak-pada-290-juta-pelajar-di-dunia.

Prasetyo, Hoedi, and Wahyudi Sutopo. “Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset.” Jurnal Teknologi dan Informasi (J@TI) UNDIP 13, no. 1 (2018): 17–26.

Prawiyogi, Anggy Giri, Andri Purwanugraaha, Ghulam Fakhry, and Marwan Firmansyah. “Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa Di SDIT Cendektia Purwakarta.” Jurnal Pendidikan Dasar UNJ 11, no. 1 (2020).

Rahmanto, Tony Yuri. “Kebebasan Berekspresi Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia: Perlindungan, Permasalahan Dan Implementasinya Di Provinsi Jawa Barat.” Jurnal HAM 7, no. 1 (2016): 45–53.

Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan, 2010.

———. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 (Setelah Amandemen), n.d.

———. Undang-Undang No. 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia, 1999.

———. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003.

Rigianti, Henry Aditia. “Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara.” Jurnal Elementary School Univeritas PGRI Yogyakarta Indonesia 7, no. 2 (2020): 297–302.

Rozak, Abdul. “Perlindungan Hak Atas Pendidikan Bagi Pengungsi Internal: Studi Kasus Pendidikan Anak Korban Kekerasan Terhadap Warga Syiah Sampang.” Juris-Diction 2, no. 6 (2019): 1987–1908.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud RI. Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbud Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 Nomor 15 Tahun 2020. Jakarta: Kemendikbud RI, 2020.

Sessu, Hasmiati. “Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Bagi Tenaga Bidan Lulusan Diploma I Kebidanan Di Poltekkes Kemenkes Kupang Tahun 2015.” Universitas Indonesia, 2015.

Smith, Rhona K.M., Njal Hostmaelingen, Christian Ranheim, Satya Arinanto, Fajrul Falaakh, and Enny Soeprapto. Hukum Hak Asasi Manusia. 3rd ed. Yogyakarta: PUSHAM UII, 2015.

Soekanto, Soerjono, and Sri Mamudji. Penelitian Hukum Normatif: Suatu Tinjauan Singkat. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

UNICEF. “Indonesia: Survei Terbaru Menunjukkan Bagaimana Siswa Belajar Dari Rumah (Hampir 9 Dari 10 Responden Mengatakan Mereka Ingin Segera Kembali Ke Sekolah).” Last modified 2020. Accessed August 20, 2020. https://www.unicef.org/indonesia/id/press-releases/indonesia-survei-terbaru-menunjukkan-bagaimana-siswa-belajar-dari-rumah.

United Nations. “Universal Declaration of Human Rights,” 1948.

Utama, Farhan Abdi. “Meritokrasi Di Berbagai Negara Dunia.” Jurnal Civil Service Badan Kepegawaian Negara 10, no. 2 (2016): 17–27.




DOI: http://dx.doi.org/10.30641/ham.2020.11.387-404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal HAM Indexed by :

   


Jurnal HAM Statistic
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License