Pembinaan Anak yang Berkonflik dengan Hukum di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung

Yuliyanto Yuliyanto

  Abstract


Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) mengamanatkan terbentuknya Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Hal ini merupakan langkah perbaikan terhadap pembinaan anak yang berkonflik dengan hukum, karena sebelum dibentuk LPKA, masih ditemukan narapidana anak ditempatkan dalam satu lembaga pemasyarakatan bergabung dengan narapidana dewasa. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dan menganalisis kondisi di LPKA Kelas II Bandung setelah berlakunya Undang-Undang nomor 11 Tahun 2012 tentang SPPA, dan pelaksanaan pembinaan terhadap anak yang berkonflik dengan hukum di LPKA Kelas II Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan yuridis empiris. Hasil kajian merekomendasikan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk: pertama, menyiapkan petugas LPKA dari berbagai disiplin ilmu, seperti psikolog, krimonolog, ahli pidana, dan sosiolog; kedua, meningkatkan pelatihan terkait pembinaan terhadap anak yang berkonflik dengan hukum bagi petugas LPKA; dan ketiga, meningkatkan kerjasama dengan instansi terkait dalam memberikan pembinaan bagi Anak yang berkonflik dengan hukum.

  Keywords


pembinaan; anak; lpka;

  Full Text:

PDF

  References


Ajat Sudrajat. “Menkumham Resmikan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Bandung.” ANTARANEWS.Com. Last modified 2015. http://www.antaranews.com/berita/510679/menkumham-resmikan-lembaga-pembinaan-khusus-anak-bandung.

Alexander, Michelle. A. Second Chance: Charting a New Course for Re Entri Criminal Justice Reform. The Leadership Conference Education Fund, 2013.

Direktorat Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Pedoman Perlakuan Anak Di LPKA. Jakarta, 2015.

Fransiska Novita Eleanora, dkk. “Pembinaan Khusus Anak Menurut Sistem Peradilan Pidana Anak.” Jurnal Kajian Ilmiah 18 (2018): 221.

Hilman Hadikusuma. Metode Pembuatan Kertas Kerja Atau Skripsi Ilmu Hukum. Bandung: Mandar Maju, 1995.

Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Target Kinerja Direktorat Bimbingan Kemasyarakatan Dan Pengentasan Anak, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan., 2016.

Humas LPKA Bandung. Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung, n.d.

J. Supranto. Metode Penelitian Hukum Dan Statistik. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.

M. Reza Sulaiman. “Anak Berhadapan Hukum Tertinggi, Potret Buram Perlindungan Anak Indonesia.” Www.Suara.Com. Last modified 2019. Accessed January 2, 2020. https://www.suara.com/health/2019/07/23/071000/anak-berhadapan-dengan-hukum-potret-buram-perlindungan-anak-di-indonesia?page=all diakses.

Maidin Gultom. Perlindungan Hukum Terhadap Anak Dalam Sistem Peradilan Pidana Anak, 2008.

Natangsa Surbakti. Filsafat Hukum: Perkembangan Pemikiran Dan Relevansinya Dengan Reformasi Hukum Indonesia. Surakarta: BP-FKIP UMS, 2012.

Ronny Hanitijo Soemantri. Metodologi Penelitian Hukum Dan Jurimetri. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1990.

Soerjono Soekanto. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1986.

Tri Jata Ayu Pramesthi. “Pendidikan Bagi Anak Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA).” Hukumonline.Com. Last modified 2016. http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt56bd545ec1d07/pendidikanbagi-anak-di-lembaga-pembinaan-khusus-anak-lpka.

Yulia Nur Racmawati, dkk. “Peran Pendidikan Luar Sekolah Dalam Pembinaan Narapidana Anak Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jember.” Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1 (2018): 18.

Yuliyanto. “Efektivitas Pelayanan Tahanan Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 Tentang Hukum Acara Pidana.” Penelitian Hukum DE JURE 18 (2018): 107.

Hasil Wawancara Dengan Andi Akbar, Direktur Eksekutif Lembaga Advokasi Hak Anak, Bandung, 2016.

Hasil Wawancara Dengan Motivator/Pembina Dari Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial, Bandung, 2016.

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Indonesia, 2012.


  Article Metric

Abstract this article has been read : 4753 times
PDF file viewed/downloaded : 2585 times

DOI: http://dx.doi.org/10.30641/dejure.2020.V20.103-116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian Hukum De Jure

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Penelitian Hukum De Jure Indexed by :

         JournalStories Main logo

Complete list


Jurnal Penelitian Hukum De Jure Statistic