Perlindungan Hukum bagi Pengguna Internet terhadap Konten Web Umpan Klik di Media Online

Qurani Dewi Kusumawardani

Abstract


Internet telah menciptakan peluang, tatangan serta mempengaruhi perubahan kultur digital di Indonesia. Berdasarkan penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika di tahun 2017 diketahui bahwa 72,13% masyarakat Indonesia merupakan pengguna perangkat TIK, namun rendahnya tingkat literasi dan kebiasaan malas membaca mempermudah orang Indonesia terkena umpan klik. Metode yang digunakan adalah metode yuridis normatif, penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pertama, belum terdapat aturan yang secara khusus mengatur clickbait. Clickbait headline saat ini banyak digunakan di dunia jurnalistik, dan artikel ini dianggap sebagai artikel yang tidak melanggar hukum jika hanya mendasarkan aktivitas nya pada judul yang melebih-lebihkan semata, namun artikel clickbait akan dianggap illegal jika mengandung illegal content seperti penghinaan, pencemaran nama baik, pelanggaran kesusilaan, berita bohong, perjudian, pemerasan, pengancaman, penipuan yang dapat merugikan konsumen,  provokasi yang menimbulkan rasa kebencian terhadap suku, agama, ras dan antar golongan (SARA), meningkatkan permusuhan antar individu, mengandung ancaman kekerasan atau menakut-nakuti secara pribadi. Kedua, cara mengurangi artikel click bait melalui pendidikan, meningkatkan literasi masyarakat, pembelajaran tenik konsumsi berita kritis, atau dapat ditempuh melalui jalur hukum baik perdata ataupun pidana.

Keywords


Perlindungan Hukum, Clickbait, Media Online.

Full Text:

PDF

References


Buku, Makalah dan Jurnal

Ali, Achmad. Menjelajah Kajian Empiris Terhadap Hukum. Jakarta: Yarsif Watampone, 1998.

Chakraborty,et al. Stop Clickbait: Detecting and Preventing Clickbaits in Online News Media. Prosiding International Conference on Advances in Social Networks Analysis and Mining (ASONAM). Department of Computer Science and Engineering Indian Institute of Technology. Kharagpur, 2016.

Daliyo, J.B, Pengantar Hukum Indonesia. Jakarta: Prenhalindo, 2001.

Dworkin, Ronald, "The OriginalPosition," University of Chicago Law Review: Vol. 40, https://chicagounbound.uchicago.edu/uclrev/vol40/iss3/4: 250, 1973.

Hadjon, Philipus M. Perlindungan Bagi Rakyat di Indonesia. Surabaya: PT.Bina Ilmu, 1987.

Hamzah, Andi. Bunga Rampai Hukum Pidana dan Acara Pidana. Jakarta : Ghalia Indonesia, 2001.

Hurst, N. To Clickbait or Not to Clickbait? An Examination of Clickbait Headline Effects on Source Credibility. Thesis. The University of Missouri Colombia, 2016.

Ibrahim, Johnny. Teori dan Metodologi Penelitian Hukum Normatif. Malang: Bayumedia Publishing, 2006.

Irsan. Koesparmono. Korban Kejahatan Perbankan. Bandung: Eresco, 1995.

Ishaq. Dasar-Dasar Ilmu Hukum. Jakarta: Sinar Grafika, 2009.

Jarwadi. “Strategi Pengembangan Budaya Hukum”. Jurnal Penelitian Hukum De Jure, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Volume 16. (Maret 2016). http://ejournal.balitbangham.go.id/index.php/dejure/article/view/77/23.

Kansil, C.S.T. Pokok-pokok Hukum Pidana. Jakarta: Pradnya Paramita, 2004.

Kertanegara, Rizky. “Penggunaan Clickbait Headlone pada situs Berita dan Gaya Hidup Muslim Dream.co.id”. Media Tor. Jurnal Komunikasi. Vol 11 (1). Juni 2018.

Mantra, IGN. “Potensi Ancaman Keamanan Email Perusahaan”. Info Komputer, 9 September 2015.

Muchsin. “Perlindungan dan Kepastian Hukum bagi Investor di Indonesia.” Magister Ilmu

Hukum Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, 2003.

Pinto, Dale, “International Bureau of Fiscal Documentation. E-Commerce and Source-Based Income Taxation”. Doctoral Series, v. 6. Amsterdam: IBFD, 2003.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik, Penggunaan Media Sosial oleh Individu, Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika. 2017.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik, Survey Penggunaan TIK: Kepemilikan Smart Phone oleh Individu, Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika. 2017.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik, Aktivitas Penggunaan Internet vs Tingkat Pendidikan, Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika. 2017.

Rahardjo, Satjipto. Ilmu hukum. Bandung: Citra Aditya Bakti. Cetakan ke-V, 2000.

Richard Doernberg, Luc Hinnekens, Walter Hellerstein & Jinyan Li, Electronic Commerce and Multijurisdictional Taxation, 2001.

Rumata, Vince Mutiara. “Clickbait, Peluang Bisnis dan Kajian Ilmiah Perilaku Sharing Informasi di Era Digital”. Jurnal Media Komunikasi Ilmiah, Vol. 16 No. 1 Juni (2017).

Setiono. “Rule of Law (Supremasi Hukum)”. Surakarta: Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, 2004.

Simatupang, Taufik H. “Sistem Hukum Perlindungan Kekayaan Intelektual dalam rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”. Jurnal Penelitian De Jure Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Volume 17, nomor 2, Juni (2017). http://ejournal.balitbangham.go.id/index.php/dejure/article/view/154/pdf.

Sitompul, Josua. Cyberspace, Cybercrime, Cyberlaw: Tinjauan Aspek Hukum Pidana. Jakarta: PT. Tatanusa, 2012

Soekanto, Soerjono. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: UI Press, 1981.

Soekanto, Soerjono dan Sri Mamudji. Penelitian Hukum Normatif (Suatu Tinjauan Singkat). Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Soemitro, Ronny Hanitijo. Metodologi Penelitian Hukum dan Jurimetri. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.

Soerodibroto dan R. Soenarto. KUHP dan KUHAP. Jakarta: Rajawali Pers, 1992.

Soerodibroto dan R. Soenarto. KUHP dan KUHAP dilengkapi dengan Yurisprudensi Mahkamah Agung dan Hoge Raad. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Subakti, D.A. In-depth Report: Media Online di Indonesia; Transisi Menuju Media Kapital. Jakarta: Yayasan Satu Dunia, 2011.

Sugandhi, R. Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan Penjelasannya. Surabaya: Usaha Nasional, 1980.

Suparni, Niniek. Cyberspace: Problematika dan Antisipasi Pengaturannya. Jakarta: Sinar Grafika, 2009.

S’to, Certified Ethical Hacker 400% Illegal, Jasakom, 2011.

Towse, Ruth. Christian Handke dan Paul Stepan. “The Economics of Copyright Law: a Stocktake of the Literature”. Review of Economic Research on Copyright Issues, vol 5 (i), 2008.

Victoria. Bongkar Rahasia E-Banking Security dengan Teknik Hacking dan Carding. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2013.

Wahyudi, Dheny. Perlindungan Hukum Terhadap Korban Kejahatan Cyber Crime di Indonesia. Bandung: Jurnal Ilmu Hukum, Universitas Padjajaran.

Westin, Richard. A. International Taxation of Electronic Commerce. The Hague. Boston: Kluwer Law International, 2000.

Peraturan Perundang-undangan

Kitab Undang-Undang Hukum Pidana

Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Republik Indonesia, 1999.

Undang-undang Nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Republik Indonesia, 2016.

Peraturan Pemerintah Nomor 82 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, Republik Indonesia, 2012.

Internet

“Apakah Artikel dengan Judul yang Clickbait itu Bagus?”. M. Iqbal Akbar. Accessed 20 Oktober 2018. http://www.muhbalak.com/2016/08/positif-dan-negatif-menggunakan-judul-yang clickbait.html.

“Apa itu perangkap Clickbait?”.Docotel. Accessed Oktober 25, 2018. https://blog.docotel.com/2017/03/29/apa-itu-perangkap-clickbait/

“Clickbait: The changing face of online journalism”. Ben Frampton. BBC news. Accessed Oktober 10, 2018. http://www.bbc.com/news/uk-wales-34213693).

“Facebook Saring Berita Clickbait dari Linimasa Pengguna". Oik Yusuf. Kompas.com. Accessed Oktober 5, 2018. https://tekno.kompas.com/read/2016/08/07/11090087/Facebook.Saring.Berita.Clickbait.dari.Linimasa.Pengguna.

Facebook launches war on clickbait headlines, George Avalos, 2017, https://phys.org/news/2017-05-facebook-war-clickbait-headlines.html.

Facebook continues its war on clickbait, Megan Geuss, 2016, https://arstechnica.com/information-technology/2016/08/facebook-continues-its-war-on-clickbait/

“Lebih dari 50 Persen Pengguna Internet Masih Tergoda Clickbait” Yoseph Edwin. Accessed September 18, 2018. http://Beritaagar.id

“Media: Mengenali Jebakan Klik”. Fandi Sido. Accessed Juli 20, 2018. https://www.kompasiana.com/afsee/media-mengenali-jebakan klik_54f77e62a333112c6f8b45d8.

“Opinions Expressed by ICN Authors are Their Own”. Ben Rothke. Just say no to Facebook quizzes, Accessed September 1, 2018. https://www.csoonline.com/article/3214264/fraud/just-say-no-to-facebook-quizzes.html.

Pengertian Content Web Database., Ichaartikel.https://ichaartikel.wordpress.com/pengertian-content-web-database/

"Pengertian dan Karakteristik Media Online”. Romeltea. Accessed August 5, 2018. http://romeltea.com/media-online-pengertian-dan-karakteristik.

“Terbongkar ini dia trik clickbait yang banyak membuat berita hoax di internet”. Ari Bowo. Accessed November 1, 2018, http://aribowo.net/terbongkar-ini-dia-trik-clickbait-yang-membuat-banyak-berita-hoax-di-internet.

The Economy of Clickbait”. Argo Note 1, Sulin Sardoschau. 2017. Accessed November 5, 2018, http://argothinktank.org/wp-content/uploads/2017/05/ARGO-Note-Clickbait_Eng.pdf

“The More Outrageous, The better: How Clickbait Ads Make Money for Fake News Sites”. Joshua Gillin. Accessed November 2, 2018, https://www.politifact.com/punditfact/article/2017/oct/04/more-outrageous-better-how-clickbait-ads-make-mone/.

This Analysis on the Emergence of Clickbait Will Blow You Away. Sudeep Agarwal. Accessed Oktober 1, 2018, http://sudeep.co/data-science/machine-learning/sentiment-analysis/This-Analysis-on-the-Emergence-of-Clickbait-Will-Blow-You-Away/.

Tren Keamanan Indonesia. Salahuddien, M. 2011. accessed 16 November 2018, http://idsirtii.or.id/category/agenda-kegiatan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30641/dejure.2019.V19.11-30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Penelitian Hukum De Jure Indexed by :

 


Jurnal Penelitian Hukum De Jure Statistic
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License